Marketing Mix
Pengertian Marketing Mix,
bagi mereka yang bergerak di bidang pemasaran atau marketing, tentu sudah
sangat akrab dengan istilah “Bauran
Pemasaran” atau “Marketing Mix”.
Namun mungkin juga ada sebagian orang yang masih merasa sedikit awam dengan
istilah ini.
Pengertian Marketing Mix, Definisi
Marketing Mix, Atau Bauran Pemasaran
Ada
beberapa definisi Marketing Mix, yaitu :
- Pengertian
Marketing Mix adalah alat yang sesuai untuk sebuah bisnis guna mendapatkan
reaksi dari target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasaran.
- Pengertian
Marketing Mix adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang
dituju. (Menurut Kotler 1997:92)
- Pengertian
Marketing Mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan
untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
- Pengertian
Marketing Mix adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk
program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu
konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Menurut Payne,
1995:31)
- Pengertian Marketing Mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Definisi dan Pengertian Marketing Mix ,
Mengapa Disebut Marketing Mix?
Mungkin
masih ada yang bertanya-tanya, mengapa disebut dengan Marketing Mix? Ya, ini
karena strategi pemasaran dengan metode Marketing Mix ini dipengaruhi oleh
campuran banyak sekali faktor yang saling berhubungan dan saling berpengaruh.
Beberapa faktor penting dalam definisi
marketing mix tersebut adalah :
- Tujuan
pemasaran, Jenis produk, Target pasar, Struktur pasar, Perilaku pesaing,
Isu global, Posisi pasar, Portofolio produk
4P |
Definisi dan Pengertian Marketing Mix,
Dari 4Ps Menuju 7Ps
Dalam Marketing Mix sekarang ini yang
digunakan sebagai acuan bukan lagi hanya 4Ps, melainkan sudah bertambah menjadi
7Ps.
Banyak yang telah
mengenal bahwa strategi marketing adalah 4Ps, yaitu :
- Price
- Product
- Promotion
- Place
Namun dengan
Pengertian Marketing Mix yang baru, sekarang kita mengenal 7Ps, yaitu :
7P |
- Product
- Price
- Promotion
- Place
- People
- Process
- Physical
Environment / Evident
Definisi dan Pengertian Marketing Mix,
Ulasan 7Ps
1. Product
Dalam pengertian Marketing Mix, yang
pertama adalah product atau produk. Saat akan menentukan produk, banyak hal
yang harus dipertimbangkan, diantaranya adalah :
- Bentuk atau
desain, Teknologi, Kegunaan atau fungsi, Kenyamanan, Nilai, Kualitas,
Pengemasan, Nama produk atau merk, Asesori, Garansi.
Dengan mempertimbangkan beberapaa hal di atas ketika menentukan produk yang akan dipasarkan, maka diharapkan produk tersebut akan benar-benar matang dan siap jual, serta memiliki lebih banyak keunggulan.
2. Price
Yang kedua adalah
menentukan harga. Dalam menentukan harga suatu produk untuk dijual perlu
diperhatikan beberapa hal diantaranya adalah :
- Peluncuran,
Penetrasi, Psikologi, Biaya tambahan, Harga umpan.
3. Promotion
Kemudian yang perlu
diperhatikan selanjutnya adalah promotion atau promosi penjualan. Strategi
promosi dalam pengertian marketing mix meliputi beberapa hal, yaitu :
- Penawaran khusus,
Iklan, Ujicoba, Surat langsung, Poster dan selebaran, Hadiah atau bonus,
Persaingan, Patungan atau kerjasama.
Promosi tidak boleh dilakukan secara
sembarangan atau asal gencar saja, namun perlu benar-benar dipertimbangkan.
Berbagai cara atau strategi promosi ini bisa digunakan untuk lebih mengenalkan
produk kepada para konsumen. Selain itu juga untuk menciptakan kesadaran pada
para konsumen bahwa produk kita itu ada.
4. Place
Place, tempat, atau lokasi juga adalah
sebuah faktor lain yang menentukan dalam pengertian marketing mix. Tempat in
meliputi beberapa poin, yaitu :
- Pengecer,
Grosir, Pesanan melalui surat, Internet, Penjualan langsung, Perseorangan,
Berbagai saluran lain.
Dengan benar-benar mempertimbangkan
tempat, diharapkan penjualan akan lebih tepat sasaran dan tidak akan banyak
membuang tenaga, waktu, dan biaya yang tidak perlu.
5. People
People atau dalam hal
ini adalah Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu faktor penting dalam
pengertian marketing mix ini. Di sini orang atau SDM meliputi :
- Karyawan atau
pekerja, Manajemen, Budaya atau kultur, Layanan pelanggan atau Customer
service.
Dengan memiliki SDM yang sangat unggul,
maka tentu akan sangat menunjang dalam pekerjaan dan dapat memberikan hasil
yang maksimal terutama bagi konsumen. Kesan pertama yang didapatkan oleh
seorang konsumen terhadap SDM sebuah produk ataupun jasa akan sangat berarti.
Kesan pertama yang baik akan membuat konsumen kembali membeli produk kita.
Sebaliknya kesan yang buruk akan membuat pelanggan yang pertama kali datang
tidak akan kembali untuk kedua kalinya.
6. Process
Dalam sebuah industri, terutama
industri yang bergerak di bidang jasa atau pelayanan, maka proses adalah faktor
yang lebih dominan. Dalam pengertian marketing mix, proses ini meliputi
hal tentang bagaimana melayani pelanggan dengan sempurna. “Melayani dengan
baik” tidaklah cukup, melayani harus dengan sempurna. Jangan melewatkan
sedikitpun celah untuk kesalahan, walaupun manusia adalah tempatnya kesalahan.
Di sini sebuah peroses akan dimulai dari saat pelanggan melakukan kontak
pertama dengan produk atau jasa kita, hingga semua hal selesai dilakukan dan
konsumen merasa puas.
7. Physical Evidence
Bukti fisik adalah
faktor terakhir yang perlu diperhatikan pada pengertian marketing mix atau
pengertian bauran pemasaran. Bukti fisik ini bisa diartikan juga dengan
“keadaan sekitar” atau “suasana”. Dalam hal ini meliputi beberapa hal penting,
misalnya :
- Cerdas, Letih,
Antar muka, Nyaman, Fasilitas.
Keadaan lingkungan sekitar tentunya
sangat penting untuk diperhatikan juga. Misalnya apakah keadaannya terang atau
gelap, bersih atau kotor, wangi atau berbau, moderen atau kuno, terbuka atau
tertutup, dan lain sebagainya. Selain itu juga kondisi manusianya perlu
diperhatikan. Apakah senang atau sedih, ceria atau romantis, dan lain-lain.
0 comments:
Post a Comment